Beranda > 2009 > Mencuci Ka’bah Jelang Ramadhan

Mencuci Ka’bah Jelang Ramadhan

khaledPemimpin pemerintahan kota Makkah, Pangeran Khaled Al-Faisal hari Kamis (23/7) pagi melakukan kegiatan mencuci dinding Ka’bah. Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang dilakukan dua kali dalam setahun, yaitu menjelang datangnya bulan suci Ramadhan dan pada saat musim haji.

Diiringi oleh gema takbir dan tahlil, Pangeran Khalid memasuki Ka’bah dan melakukan proses pencucian bagian dalam dinding dan lantai Ka’bah dengan menggunakan sehelai kain dan air yang berupa campuran air Zamzam dan air mawar. Dibutuhkan sekitar lima galon air mawar dan 47 galon air Zamzam untuk keperluan mencuci Ka’bah.

Kegiatan ini untuk pertama kalinya boleh disaksikan secara langsung, melalui transmisi-transmisi televisi yang dipasang di pintu gerbang Masjid Haram.

Usai mencuci Ka’bah, Pangeran Khaled melakukan tawaf (mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali), menunaikan salah sunnah dua rakaat, mencium Hajar Aswad dan minum air Zamzam yang diberikan langsung oleh Sadin (orang yang bertugas menjaga Ka’bah) tepat di depan pintu masuk Ka’bah.

Proses pencucian Ka’bah disaksikan oleh Presiden Pengurus Dua Masjid Suci, Syaikh Al-Hosayem dan deputinya, Syaikh Muhammad bin Nasser Al-Khuzaim. Hadir pula dalam acara tersebut sejumlah menteri, ulama, pejabat senior pemerintah Saudi, diplomat asing yang Muslim, warga setempat dan pengunjung yang antusias menyaksikan jalannya proses pencucian Ka’bah.

Kategori:2009
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s