Beranda > 2009 > Makkah Akan Dijadikan Kota Tercantik di Dunia

Makkah Akan Dijadikan Kota Tercantik di Dunia

makkah(1)Pemerintahan kota Makkah akan melakukan berbagai proyek pembangunan untuk menjadikan kota Makkah sebagai salah satu kota tercantik di dunia. Hal tersebut diumumkan Gubernur Mekkah, Pangeran Khaled Al-Faisal, Senin (17/8).

Menurut Pangeran Al-Faisal, kota Makkah memiliki posisi yang unik dan harus diperlakukan lebih istimewa dari kota-kota lainnya di Arab Saudi. “Rencana pembangunan untuk kota Makkah harus berbeda dengan kota-kota lainnya, dimana pembangunan di kota ini harus memberikan perlindungan pada identitas kota ini,” kata Pangeran Al-Faisal.

Selain Makkah, pemerintah Arab Saudi juga sedang membuat rencana pembangunan untuk kota-kota lainnya seperti Madinah, Mina, Arafah dan Muzdalifah yang menjadi kota-kota tujuan para jamaah haji dan umrah. Untuk itu, pemerintah Saudi sudah menunjuk satu tim dari PBB untuk melakukan pengkajian terhadap kualitas gedung-gedung, sarana transportasi, sistem lalu lintas dan jalan raya serta penerapan berbagai layanan berbasis teknologi modern untuk kepentingan para jamaah haji dan umrah. Tim PBB itu melibatkan perusahaan konsultan asal Kanada, dibantu oleh para pakar dari Saudi.

Gubernur Makkah menyatakan, strategi pembangunan yang akan dilakukan di seluruh wilayah Makkah akan dipusatkan di sekitar Ka’bah dengan memperhatikan pembangunan manusianya lewat pendidikan, pelatihan, peningkatan layanan haji dan umrah, mencari solusi untuk memecahkan persoalan persediaan air serta perluasan fasilitas-fasilitas infrastruktur di Makkah.

Sejauh ini, rencana pembangunan yang sudah siap dilaksanakan adalah pembenahan kawasan pemukiman kumuh di sejumlah distrik di provinsi Makkah dan Jeddah serta proyek-proyek pariwisata di kota Taif, Qunfuda dan Al-Laith. Proyek terbesar adalah proyek pembenahan pemukiman karena tujuannya ingin meningkatkan taraf hidup masyarakat miskin di Makkah dan Jeddah. Di Mekkah sendiri ada 60 distrik yang pemukimannya belum tertata rapi dan di Jeddah terdapat pemukiman kumuh bisa dijumpai hampir di 52 distrik di kota itu.

Proyek pembangunan itu, kata Pangeran Al-Faisal, akan melibatkan sektor-sektor swasta, sedikitnya 40 persen dari keseluruhan proyek. Pembangunan ini diharapkan bisa mengubah wajah provinsi Makkah, khususnya kota Makkah menjadi salah satu kota yang terpandang di dunia.

“Kita harus mengedepankan budaya membangun di kalangan masyarakat, karena akan berdampak pada perilaku dan gaya hidup mereka,” ujar Gubernur Makkah. (eramuslim.com, 18/08/09)

Kategori:2009
  1. 3 November 2009 pukul 9:06 PM

    hancur dah budaya rasul, hay mekah itu semua akan menjadi mala petaka untuk mu!
    dengan ini islam bisa memerangimu, sesuai dengan yang di katakan hadis……..
    mana rasa persudaraan mu.. apakah telah menguap dengan panasnya dunia fana itu.
    lihat kaum mana yang harus nya kamu perhatikan.
    inalilah……

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s