Beranda > 2009 > AS Jadi Negara Atheis?

AS Jadi Negara Atheis?

Selamat datang, kaum Atheis! Itulah gambaran yang mulai terlihat di AS saat ini. Memang betul, di negara Paman Sam, gerakan tanpa Tuhan sedang menjamur dimana-mana.

Di Florida misalnya, dari hanya 5 orang atheis lima tahun lalu, sekarang jumlahnya mencapai 500 orang! Luar biasa. Itulah yang dikatakan oleh Bob Senatore, dari FLASH atau Florida Atheists and Secular Humanists, Rabu kemarin (26/08). “Kami tumbuh melalui lompatan dan ikatan,” tuturnya pada AFP.

Beberapa tahun ini, para kelompok atheis di AS memang melakukan segala cara untuk merekrut pengikut baru. Survai The American Religious Identification menyatakan bahwa dalam 18 tahun terakhir, orang yang mengaku “tak bertuhan” sudah mencapai 15% dari populasi penduduk AS. Di beberapa negara bagian seperti South Carolina, jumlah para atheis bahkan berlipat menjadi tiga kalinya. Universitas Trinity di Connecticut pun mengkaji bahwa pengikut atheis meningkat pesat.

Orang-orang meyakini bahwa maraknya pengikut atheis di AS dalam beberapa tahun belakangan ini dipicu oleh pemerintahan dan kebijakan mantan presiden AS George Bush. Sebagian lainnya mengatakan fenomena ini terjadi karena banyaknya buku anti-agama yang banyak beredar di era Bush. Seiiring dengan peningkatan jumlah penduduk AS yang atheis, begitu pula dengan tuntutan aspirasi mereka. Mereka menuntut pengakuan politik dan sosial. “Sikap kita adalah, ‘Jika kita tidak melakukan sesuatu sekarang, kita akan hidup di bawah sebuah teokrasi,” ujar Bos Senatore lagi.

Orang-orang atheis ini berhubungan satu sama lain melalui internet, menyenggarakan pertemuan resmi dan mengiklankannya lewat papan iklan dan di bus-bus. Dalam lingkup nasional, ada Secular Coalition untuk mewadahi semua organisasi anti-tuhan ini. Mereka menyebutkan bahwa pidato Obama dalam pelantikannyan sebagai ungkapan selama datang dan menyambung pada oang-orang atheis itu.

Saat ini, kelompok ini tengah melobi Kongres AS. “Kami membangun hubungan esensial dengan Kongress, dan kami punya pintu yang sama ke Gedung Putih.” Ujar Sean Faircloth, direktur eksekutif Secular Coalition for America. (eramuslim.com, 27/08/09)

Kategori:2009
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s