Beranda > 2009 > Dokter di Saudi : Cadar Bisa Mencegah Flu Babi

Dokter di Saudi : Cadar Bisa Mencegah Flu Babi

Wanita tidak perlu mengenakan masker medis untuk mencegah virus flu babi jika mereka telah mengenakan hijab dengan baik termasuk mengenakan cadar/niqob, kata dokter di Saudi.

“Wanita yang mengenakan cadar atau penutup wajah – bagi mereka tidak perlu mengenakan masker pelindung lagi – sepanjang cadar yang ia gunakan steril,” kata Dr Dalal Namnagani seorang konsultan patologi dan direktur dari bank darah di rumah sakit spesialis King Abdul Aziz kota Taif – kepada surat kabar Al-Watan kamis yang lalu.

“Cadar harus dicuci dan disterika sebelum dikenakan, namun tidak boleh digunakan oleh orang lain yang mungkin akan meninggalkan bakteri-bakteri penyebab rentannya terkontaminasi oleh virus flu babi,” kata Namnagani.

Dokter itu juga memberi peringatan terhadap masjid-masjid yang ventilasinya yang buruk selama ramadhan ini, pada sholat tarawih banyak orang berkumpul terutama di dekat ventilasi yang menyebabkan kemungkinan virus menyebar dengan cepat.

“Para wanita juga kemungkinan besar melepaskan hijabnya di tempat para jamaah wanita berkumpul, dan hal tersebut dapat meningkatkan penyebaran infeksi.”

Banyak keluarga Arab menyatakan bahwa mereka telah menyambut seruan kampanye kesadaran dengan mengajak anak-anak mereka untuk mengenakan masker di tempat-tempat umum.

Seorang ibu rumah tangga Umm Omar mengatakan bahwa ia menyuruh anak-anaknya untuk lebih sering mencuci tangan dengan sabun dan mengenakan masker yang steril sewaktu mereka keluar ke toko maupun ke taman. “Saya juga mencoba untuk membatasi diri melakukan perjalanan keluar rumah, kecuali kalau benar-benar terpaksa,”kata Umm Omar.(eramuslim.com,30/08/09)

Kategori:2009
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s